Selamat Datang Di Blog Info Kesehatan

Selasa, 24 Juni 2014

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesahatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung. Jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung terjadi utamanya disebabkan karenya kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Berbagai macam penyebab atau gejala bisa dirasakan dengan begitu mendadak. Salah satunya seperti sering pusing, berkeringat dingin, dan sesak nafas. Dengan gejala tersebut masih banyak masyarakat umum yang menyepelekan hal tersebut, dan disini kami Tips Kesehatan berbagi cara untuk menjaga kesehatan jantung anda.

10 tips menjaga kesehatan jantung
  1. Rajin berolahraga. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan. Selain membuat kita bugar dan juga bersemangat, olahraga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Olahraga ringan seperti bersepeda dan juga jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan karena olahraga jenis ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan tidak memberatkan kerja jantung khususnya bagi orang yang memiliki penyakit jantung. 

  2. Hindari rokok. Rokok memang dilihat dari sudut pandang manapun pasti memiliki efek buruk, minimal untuk kantong anda J. Selain pemborosan merokok juga memiliki efek yang sangat buruk untuk jantung anda. Untuk bahaya merokok itu sendiri saya rasa sudah tidak perlu ditanyakan lagi, bahkan di bungkus rokok sudah tertulis jelas bahwa merokok dapat menyebabkan kanker serangan jantung dan gangguan kehamilan. Jadi untuk menjaga kesehatan jantung anda tidak ada pilihan lain selain menghindarinya. 

  3. Banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry merupakan buah yang mengandung tinggi antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mengurangi resiko penyakit jantung. 

  4. Hindari makanan yang berlemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak sangat tidak baik untuk kesehatn jantung karena akan memicu naiknya kolesterol. lemak tersebut juga akan menumpuk dalam tubuh kita terutama pada pembuluh darah yang mengganggu aliran darah ke jantung. 

  5. Jaga kestabilan berat badan. Obesitas merupakan salah satu pemicu berbagai macam masalah kesehatan, banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh obesitas seperti penyakit jantung, diabetes dan darah tinggi. Oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan jantung anda maka yang harus dilakukan adalah mempertahan kestabilan berat bdan ideal. 

  6. Banyak mengkonsumsi air putihManfaat minum air putih sangat banyak untuk kesehatan, dan salah satunya mencegah penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, bahwa resiko penyakit jantung dan kematian mendadak dapat dicegah sekitar 41 persen dengan cara mengkonsumsi lebih banyak air putih lebih dari 8 gelas setiap harinya. 

  7. Tertawa. Tertawa merupakan hal yang mungkin sering kita lakukan saat menonton komedi ataupun bercanda dengan teman, tapi taukah anda bahwa dengan anda tertawa dapat menjaga kesehatan jantung? menurut sebuah studi yang diterbitkan tahun 2006 di University of Maryland  menemukan bahwa tertawa menyebabkan pembuluh darah membesar sebesar 22 persen. Dr Miller mengatakan: “Tertawa menyebabkan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah Anda menjadi lebih luas, sehingga memungkinkan untuk peningkatan aliran darah dan mengurangi tekanan darah”. 

  8. Mengkonsumsi buah anggur. Buah Anggur khususnya yang berwarna merah mengandung banyak senyawa yang diketahui dapat menjaga  kesehatan jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Zat ini memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah. 

  9. Banyak Mengkonsumsi sayuran Hijau. Menurut penelitian yang dilakukan di Swedia lalu menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi sayuran yang memiliki warna hijau dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 25 persen. Hal ini diketahui  setelah para peneliti mengamati asupan antioksidan pada pola makan sekitar 30.000 wanita di Swedia yang rata-rata berusia 49-83 tahun. Selain dapat menjaga kesehatan jantung sayur-sayuran juga sangat baik untuk pencegahan penyakit diabetes. 

  10. Dapatkan waktu tidur yang cukup.  Banyak bahaya yang dapat ditimbulkan akibat kurangnya waktu tidur ini dan salah satunya adalah memicu serangan jantung, berbagai macam penyakit serius akan mengancam anda saat anda tidak punya cukup waktu untuk tidur. Ketika anda begadang atau tidak cukup waktu untuk tidur akan ada peningkatan tekanan darah, hormon stres, toleransi glukosa lebih rendah, dan peningkatan berat badan. Semua faktor tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.
Demikianlah 10 tips menjaga kesehatan jantung yang bisa kami berikan Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar